7 Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri

Cintai hidup Anda, tetapi jangan terlalu mencintai apa yang ada dalam hidup Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti mencintai Anda. “Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” – Bertrand Russell. “Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.” -George Bernard Shaw.

Sebuah konsep hidup yang dapat dipahami secara umum dan menakjubkan namun terkadang sulit dipraktikkan. Tetapi, hukum menabur dan menuai merupakan hukum utama yang perlu kita pahami, dimana setiap usaha kedisiplinan yang kita lakukan pasti akan menuai banyak pencapaian dan penghargaan. Hidup ini penuh dengan berbagai peraturan serta hukum yang mengatur tata perilaku manusia. Untuk setiap usaha kedisiplinan pasti akan mendatangkan banyak penghargaan. Demikian penuturan Jim Rohn, seorang motivator kelas dunia.

Disaat kita mendapatkan hambatan, rintangan, dan masalah-masalah biasanya kita akan hilang semangat atau galau. Kondisi itulah yang menjadikan kita, menjadi seorang yang lebih kuat, selama kita bisa memotivasi diri kita sendiri. Nikmati dan syukuri sebelum nikmat itu dicabut oleh pemilik-Nya. Jika anda mampu menikmati hidup berarti anda sedang bersyukur juga atas segala apa yang diberikan oleh Allah. Dengan demikian antara kerjakeras dengan apa yang didapatkan akan menjadi lebih seimbang dalam kehidupan. Jika anda belum mengetahui tujuan anda dalam satu tahun kedepan maka tulislah dalam kertas besar di dinding kamar anda.

Menunjukkan apresiasi membuat semangat dalam tim semakin meningkat dan mendorong mereka untuk terus bekerja dengan lebih baik. Mengatakan ‘terima kasih’ adalah sebuah permulaan, namun mengetahui bagaimana setiap orang suka ‘diakui’ dapat membuatmu menonjol di mata mereka. “Beberapa orang menyukai ketika setiap orang bertepuk tangan untuk mereka dalam sebuah pertemuan, sementara yang lain lebih suka mendengar pujian yang diucapkan secara pribadi,” kata Wilschanski. Lalu, jika rekan kerjamu suka diberi pujian secara pribadi, Kamu bisa mencoba memberikannya kejutan kecil seperti memberinya kue sebagai apresiasi atas prestasi yang diraihnya. Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup anda. Jika sejak awal anda sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah anda miliki.

Saya punya sifat mendidik karena hidup kita dipelihara Tuhan ketika kita berbuat sesuai firman Tuhan. Saya ingin teman-teman, khususnya orang Indonesia, mengubah karakter dan mentalitas agar bisa membangun negara ini menjadi baik. Kalau ambisinya mengejar uang, saya akan menjadi trader. Misi pertama, yang tidak bohong, ingin mencari keuntungan. Kedua, ingin menyejahterakan karyawan di bawah bendera kami. Perusahaan ini ada untuk anak-anak dan berkontribusi ke masyarakat, serta membantu pemerintah membuka lapangan kerja.

Sukses datang dari dalam diri kita sendiri

Dalam menjalani sebuah kehidupan memang jalannya tidak selalu mudah, bahkan penuh dengan rintangan yang seringkali menguras emosi dan perasaan. Namun menghadapi semua kondisi sulit tersebut, Islam mengajarkan agar Bola Online umatnya selalu bersabar. Kedua, pandanglah diri Anda seperti orang lain memandang Anda. Pikirkan sikap penuh cinta dari orang-orang di sekitar Anda. Jangan fokus kepada yang buruk, tetapi kepada yang baik.

Begitupun dengan kesuksesan yang tidak akan berjalan tanpa dorongan motivasi. Pada tahapan ini poin yang ditonjolkan bukan untuk membandingkan diri. Melainkan memerhatikan cara orang tersebut meraih tujuannya. Self-efficacy tidak begitu saja dimiliki oleh seorang individu, melainkan merupakan sebuah proses yang dipelajari sejak individu hingga wafat. Self-efficacy akan terus bertambah seiring dengan perkembangan keterampilan, pengalaman, dan pemahaman baru.